Bersama Mitra Bisnis Syari'ah - Bangun Potensi Diri Anda Disini.!!!!

Minggu, 15 Mei 2011

TEKNIK PEMBIBITAN JAMUR TIRAM


Bibit jamur tiram pada dasarnya terdiri dari 4 jenis  yaitu bibit murni/kultur murni (P/Parental), bibit induk (F1), log tebar (F2), dan log produksi (F3). Terdapat beberapa perbedaan dalam teknik pembuatan dan komposisi medium ke 4 jenis bibit ini, berikut penjelasannya :
sudah dijelaskan di postingan sebelumnya  cek disini dan disini

  Pembuatan bibit induk F1 bisa menggunakan botol selai atau botol saus sebagai wadah medium.
Log botol merupakan tahap adaptasi awal/peralihan  miselium jamur tiram dari media PDA (Potato Dextrose Agar) ke media produksi yang berupa serbuk kayu. salah satu Komposisi/formula medium yang dapat digunakan diantaranya serbuk kayu : Jagung : Beras Merah : gula Putih : NPK (tambahan)  : Air secukupnya dengan perbandingan 100 : 100 : 25 : 4 : 1.

Proses pembuatannya :

3.          Log tebar F2

 Log tebar merupakan log adaptasi miselium jamur tiram untuk skala produksi yang lebih besar. Komposisi medium F2 pada dasarnya sama dengan log produksi F3. Yang membedakannya hanya kapasitas/bobot medium. Log tebar biasanya dibuat dengan bobot 0,5 kg.
Komposisi Medium yang digunakan yaitu serbuk kayu : dedak : jagung : kapur  (CaCO3) : NPK dengan perbandingan 100 : 10 : 5 : 2,5 : 1.

Proses pembuatan :

4.    Log produksi F3
Teknik pembuatan pada dasarnya sama dengan log sebar F2 dengan bobot yang lebih berat yaitu 2 kg. Proses pembuatan log produksi F3 sudah dijelaskan pada postingan terdahulu..cek disini

PERHATIAN :

Sebagian informasi dan data postingan di blog ini berasal dari berbagai sumber, Pemilik blog hanya membantu menyebarkan saja, bila ada yang kurang berkenan atas data dan informasi tsb. mohon untuk memberitahukannya pada kami. ....Terima kasih....